Minggu, 21 Juni 2009

PENGANTAR PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PENGANTAR PERANGKAT KERAS KOMPUTER
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAM
OLEH: FUJI LESTARI (0800621)
Mahasiswa jurusan pendidikan teknik elektro fakultas pendidikan teknologi dan kejuruan universitas pendidikan indonesia

ELEMEN-ELEMEN SISTEM KOMPUTER
1. MOTHERBOARD (papan iduk / utama).


















Gambar. 1 mother board.
Merupakan papan utma yang menampung komponen-komponen utama seperi mikroprosesor,RAM, ROM. PCB motherboard terbuat dari fiberglass dan track tembaga menghubung kan antar komponen. Kecepatan dan kemampuan kerja komputer di tenukan juga oleh motherboard.

2. RAM (Random Access Memory / memori baca tulis).


















Gambar .2 RAM
Ram atau sering disebut memori saja adalah bagian penting dari komputerdimana program yang di jalan kan di komputersemua di olah didalam memori ini.ram atau memori dapat di access secara acak, merupakan memori yang dapat dibaca dan ditulis. Data dan program yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara selama komputer hidup, jika komputer mati data dan program yang ada akan hilang(dikosongkan lagi).

3. VGA (Vido Graphic Adapter).


















Gambar 3. VGA
Fungsi dari VGA card adalahmengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. VGA card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi.cara memperbaiki VGA card adalah:
 Cek hubungan / conector.
 Coba pasang pada slot expansi yang lain.
 Ganti baru VGA card.

4. HARD DISK.



















Gambar 4. HARDISK

Fungsi hardisk pada dasarnya seperti disket, tetapi memiliki kapasitas menyimpan yang lebih besar. Jika pada disk drive, disket terpissah dari disk drive, pada hard disk pada dasarnya keduanya di gabungkan jadi satu atau tidak terpisahkan. Hardisk harus mendapat perhatian yang lebih, karena umumnya mudah rusak akibat terjatuh mendapat goncangan yang cukup keras serta harganya juga mahal.




5. SOUND CARD.
Merupakan peripheral untuk menghasilkan sound(suara).




















Gambar 5. SOUNDCARD

6. LAND CARD.
Merupakan peri pheral untuk keperluan jaringan komputer (koneksi ntar komputer, misalnya untuk keperluan dalam aplikasi internet).

7. DISK DRIVE.
Adalah alat untuk menulis ke dalam disket (alat untuk transper/ pemindahan data dari atau kre disket). Misalnya kita mempunyai data di hard disk komputer kita kemudian kita ingin mencetak atau mengeprint data tersebut sementara kita tidak punya printer, maka kita dapat kita dapat memindah kan data tersebut kedalam disket dulu kemudian dapat diprint di rental, di rumah teman atau tempat lain yang bisa membua disket kembali.

8. CD ROM (Compact Disk Read Only Memory).
CD ROM sangat berguna untuk mendistribusikan program-program dan data yang sangat besar. CD ROM digunakan untuk membaca program atau data yang ada di dalam CD. Kapasitas CD dalam menyimpan sampai 650MB (untuk piringan berdiameter 120 mm). Jumlah ini ekivalen dengan jumlah data yang dapat disimpan dalam lebih dari 450 disket ukuran 3,5 inchi (1,44 MB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar