Kamis, 07 Mei 2009

kajian seputar islam

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI)
Dibuat untuk melengkapi tugas mata kuliah pendidikan agama islam(PAI)
Dosen Dr.H.Syahidin,M Pd.




OLEH:
FUJI LESTARI
0800621
S-1 PEND. TEKNIK ELEKTRO









JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Soal;
1. Esensi beragama adalah percaya akan adanya tuhan. Jika seandainya tidak ada nabi dan rosul, apakah manusia akan beragama? Mangapa?
2. Jelaskan bagaimana cara saudara menjelaskan secara ilmiah bahwa alloh itu ada dan maha esa. Manusia adalah salah satu mahkluk ciptaannya!
3. Jelaskan 2 fungsi manusia di dunia menurut pandangan al-quran dan jelaskan pula apa fungsi agama bagi kehidupan manusia?
4. Dalam surat al-imron ayat 19 dijelaskan.........................apa arti ayat tersebut. Coba jelaskan maksudnya!
5. Ada 3 aspek pokok dalam dinul islam. Sebutkan ketiga aspek tersebut dan berilah contoh masing-masing.jelaskan bagaimana keterkaitan ketiga komponen tersebut dalam menjalan kan perintah agama.
6. Ada 3sumber ajaran islam yaitu al-quran, assunah,dan ijtihad sebagai kitab suci umat islam al-quran memiliki banyak keistimewaan sebutkan 3 keistimewaan dan sebutkan pula 3 kandungan pokoknya.
7. Apa yang dimaksud dengan assunah atau hadis, dan apa fungsi assunnah dalam menentukan suatu hukum dalam islam.
8. Masyarakat saat ini sedang ramai membicarakan aliran sesat. Menurut anda, mengapa di indonesia begitu tumbuh subur aliran-aliran yang di sinyalir menyimpang,dan tunjukan dimana letak kesesatan mereka menurut kapahaman anda.















Jawaban:
1. Akan tetap beragama.
Penjelasan : seperti yang kita ketahui bahwa manusia terdiri atas dimensi fisisk dan nonfisik. Disini manusia mempunyai rasa akan kesadaran akan kepatuhan ,keindahan dan kebertuhanan. Rasa kebertuhanan merupakan perasan pada diri seseorang yang menimbulkan keyakinan akan adanya sesuatu yang maha kuasa diluar dirinya yang menentukan segala nasib yang ada. Jadi walaupun nabi dan rosul tidak ada manusia akan tetap ber agama sebab jika dilihat dari asal usul dan terciptanya agama dapat kita lihat bahwa manusia dengan kebudayaan dan rasa yang dimilikinya dapat mencetuskan sebuah agama.contoh agama yang di buat manusia(hindu, buda, konghucu,shinto dan lain-lain.

2. Alloh itu ada. Secara ilmiah dapat di jalaskan bahwa segala sesuatu ciptaannya yang ada di alam semesta tidak akan mungkin tercipta sendiri dengan sesempurna itu mulai dari yang kecil sampai yang besar serta sunatullohnya atas ciptaannya yang telah ditetapkan sedemikian rumit sehingga tak bisa dipahami manusia. Yang kedua kita bisa lihat pada kejadian diri kita sendiri, bagaimana diri kita diciptakan sebagai sebaik-baiknya bentuk ciptaan.
Alloh itu esa sebab jika terdapat tuhan yan banyak pasti akan terjadi perselisihan dan perebutan kekuasaan, jika di ibaratkan pada sebuah mobil yang memiliki dua orang sopir pastu akan kacau.
3. Tugas manusia dimuka bumi menurut al-quran adalah:
1. Sebagai khalifah dimuka bumi.

2. Beribadah kepada alloh.

Fungsi agama bagi kehidupan manusia adalah sebagai pedoman hidup bagi manusia menuju kehidupan yang bahagia dunia dan keselamatan akhirat dan sebagai berita gembira dan peringatan bagi manusia(petunjuk).sebagai sumber aturan-aturan dan hukum dalam pergaulan manusia.




4. Surah al-baqarah ayat 208 ;


Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman ,masuklah kamu kedalam islam secara keseluruhannya. Dan jangan lah kamu turuti langkah-langkah syetan. Sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagi mu.”
Penjelasan:

5. 3 aspek pokok dalam dinul islam yaitu:
a.aspek kredial
b. aspek ritual,moral
c. aspek osial.
6. keistimewaan al-quran yaitu:
1. al-quran merupakan satu-satunya kumpulan wahyu yang tertulis dan terpelihara dangan baik kemurniannya hingga akhir masa.
2. al-quran sebagai obat penyambuh disebut demikian karena al-quran dapat dijadikan obat bagi orang yang beriman khususnya bagi penyakit hati.
3. al-quran sebagai hidayah dan petunjuk bagi manusia unuk menjalani kehidupan.

3 kandungan pokok dalam al-quran:
a.aqidah.
aqidah menjelaskan tentang keesaan alloh, tuhan semesta dan sifat-sifat nya. Adnya malaikat ,rasul,kitab alloh.nabi muhammad sebagai rosul terakhir,al-quran sebagai sumber kebenaran yang tidak meragukan dan adanya hari akhirat.
b. ibadah
artinya menghamba dan mengabdi. Mengatur tata cara hubungan antara manusia dengan tuhan. Beberapa bentuk ibadah yan diperintahkan dalam al-quran yaitu: sholat, saum, zakat, hajji.
c. muamalah.
Adalah tata cara hubunga antara manusia dengan manusia. Baik hubungan kelurga ,perdagangan ,perkawinan dll.
7. as-sunnah adalah kebiasan atau tradisi. Secara istilh ilmu hadis adalah segala apa yang dilakukan oleh nabi SAW, baik berupa perkataan, perbuatan tau berupa pembicaran atas perbuatan sahabat.

fungsi assunnah dalam menentukan suatu hukum dalam islam adalah:
sebagai sumber hukum kedua sesudah al-quran yaitu menjadi solusi masalah masa kini yang tidak terdapat dalam al-qur an.

8. Sebab tumbuh tumbuhnya ajaran aliran yang menyimpang:
1. Penyimpangan terhadap pemahaman akidah.
2. Salah dalam mengartikan ayat al-quran artinya mengartikan ayat al-quran menurut keinginan nafsunya sendiri.
3. Mengambil nas/ dalilnya tapi tidak mengambil makna nya.
4. Mencari jalan pintas dalam segala perkara permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar